Acne Conglobata atau Sinus Merupakan Jenis Jerawat Paling Berat

Jerawat memiliki beberapa jenis, dan jenis yang paling berat dan sulit cara mengobatinya adalah Sinus atau Acne Conglobata. Jerawat jenis ini biasanya menyerang mereka yang berusia 18 sampai 30 tahun.

Acne Conglobata biasanya berukuran besar sampai 10 cm, jerawat jenis ini mempunyai saluran-saluran sinus yang berhubungan dengan permukaan kulit, berwarna kemerahan dan muncul di lipatan hidung, leher, bahu, dan menimbulkan rasa nyeri jika disentuh.

Penyebab munculnya Acne Conglobata belum diketahui pasti, sebagian ahli kesehatan meyakinkan bahwa penyebabnya adalah karena keturunan atau ketidakseimbangannya hormon sehingga jerawat ini sering juga disebut kelainan.

Tentu ini membuat mereka yang tidak mau wajahnya ditumbuhi jerawat sangat tidak berharap memiliki kelainan ini. Biasanya jerawat tumbuh dalam jumah yang banyak dan sangat menyakitkan. Karenan ini berhubungan dengan genetik dan keadaan hormon, maka pencegahan dan perawatannya pun tak semudah ketika merawat jenis jerawat lain yang lebih ringan.

Penelitian yang masih berlanjut mengatakan bahwa kebanyakan individu yang terserang Acne Conglobata diturunkan dari orangtuanya meskipun tidk satu pun dari mereka tidak terlihat memiliki kelainan tersebut. Penelitian meyakinkan bahwa tingginya level testosteron dan androgen menjadi pemicu kondisi seorang laki-laki muda sehingga bisa terserang jerawat ini.

Dokter biasanya memberikan obat antibiotik atau krim untuk membantu menyembuhkan jerawat, meskipun pada umumnya kondisi individu yang terserang Acne Conglobata membutuhkan perawatan yang lebih intensif bahkan teknik terapi khusus. Semnetara itu penyembuhannya bisa sampai pada tahap pembedahan.

Meskipun Acne Conglobata tampak sulit sekali untuk dihindari, namun selalu ada cara untuk menghidarinya, atau setidaknya untuk memperlambat proses munculnya Acne Conglobata. Mengoleskan krim yang diberikan oleh dokter bisa menekan kemungkinan jerawat ini menjamur, selain itu mandi secara teratur untuk membersihkan kulit dari bakteri-bakteri merugikan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Mengunjungi ahli kulit secara berkala sangat dianjurkan agar mendapatkan saran-saran apa yang harus dilakukan adan apa yang harus dihindari dan agar kondisi kulit Anda dapat termonitor dengan baik. Untuk tambahan, jangan sembarangan menggunakan merk kosmetik kecuali atas saran dokter.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*